Gejala Penyebab Dan Pengobatan Penyakit Hashimoto

Model kenamaan saal Amerika Serikat, Gigi Hadid, mengaku mengidap penyakit Hashimoto.Diketahui, penyakit ini membuat model 21 tahun itu sering merasa lemas dan berat badannya turun drastis. Lalu apa itu penyakit Hashimoto? Ketahui Gejala Penyebab Dan Pengobatan Penyakit Hashimoto disini.

Selamat datang di salah satu website Alfian Herbal yaitu agen resmi Green World, pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya, kami melayani pesanan dan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dengan sistem pemabayaran “Kirim Barang Dahulu Setelah Barang Sampai Baru Transfer Pembayaran“.

Gejala Penyebab Dan Pengobatan Penyakit Hashimoto

Gejala Penyebab Dan Pengobatan Penyakit Hashimoto

Gejala Penyebab Dan Pengobatan Penyakit Hashimoto — Penyakit Hashimoto adalah kelainan autoimun yang memengaruhi kelenjar tiroid. Penyakit ini juga dikenal sebagai tiroiditis Hashimoto.

Kelenjar tiroid merupakan bagian penting dari sistem endokrin tubuh. Terletak didalam tenggorokan dan tepat berada di bawah pita suara (laring). Kelenjar ini terbagi menjadi 2 bagian: kanan dan kiri. Kedua kelenjar terlihat seperti kupu-kupu dengan sayap terbentang, dengan berat tidak lebih dari 1 ons. Kedua lobus kelenjar ini dihubungkan oleh ismus.

Kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid, yaitu triiodotironin (T3) dan tiroksin (T4). Tiroksin adalah prohormon, yaitu hormon tidak aktif yang tidak terlalu penting bagi tubuh. Sebaliknya, triiodotironin memiliki peran yang sangat besar dalam metabolisme tubuh. Metabolisme adalah berbagai proses pada tubuh yang penting untuk hidup manusia, termasuk pemakaian oksigen dan penggunaannya untuk menghasilkan energi sel.

Hormon-hormon tersebut masuk ke dalam aliran darah, tetapi yang mengaturnya adalah kelenjar pituitari, yang menghasilkan hormon perangsang tiroid (thyroid-stimulating hormone/TSH).

Sementara itu, tubuh memiliki sistem imun yang berfungsi untuk melawan penyakit dan ancaman lainnya yang dapat merusak tubuh. Sel darah putih membentuk antibodi dan aktif menyerang infeksi, hingga kemudian mematikannya.

Karena beberapa alasan, tubuh dapat membentuk autoimun pada tiroid. Ketika hal ini terjadi, sistem imun akan menyerang dan merusak kelenjar tiroid hingga kelenjar hanya menghasilkan sedikit sekali hormon. Kondisi ini disebut sebagai hipotiroid. Ketika kelenjar tiroid menjadi kurang aktif, kemungkinan komplikasi lain juga akan muncul.

Terkadang, orang yang menderita hipotiroid dapat terkena gondok atau pembesaran kelenjar tiroid, karena kelenjar dipaksa untuk menghasilkan lebih banyak hormon. Wanita hamil yang didiagnosis terkena penyakit ini, mungkin akan mengalami lahir mati, keguguran, dan cacat lahir. Dalam beberapa kasus, kondisi ini dapat menyebabkan penyakit berbahaya yang disebut miksedema, atau hipotiroid parah. Salah satu gejala pastinya adalah tidak tahan dingin, kebingungan, dan sulit bernapas.

Penyebab Penyakit Hashimoto

Dalam keadaan normal, sistem kekebalan tubuh terdiri dari antibodi dan sel darah putih. Sel-sel ini hadir dalam tubuh untuk melindungi tubuh terhadap virus, bakteri, dan antigen lainnya. Pada penyakit autoimun, antibodi dan sel darah putih justru menyerang sel tubuh yang sehat.

Pada kasus tiroiditis Hashimoto, antibodi menyerang kelenjar tiroid sehingga menyebabkan peradangan, kelenjar tiroid yang kurang aktif, dan kekurangan produksi hormon tiroid. Kekurangan produksi tiroid menyebabkan kelenjar pituitari memerintahkan kelenjar tiroid memproduksi hormon lebih banyak lagi.

Hal ini menyebabkan pembesaran kelenjar tiroid, suatu kondisi yang disebut gondok. Penyebab dari penyakit tiroid autoimun masih belum diketahui. Banyak ahli berpikir bahwa virus atau bakteri memicu berkembangnya penyakit ini.

Faktor genetika juga dituduh sebagai penyebab tiroiditis Hashimoto. Orang yang memiliki riwayat keluarga diabetes tipe 1 atau penyakit celiac cenderung mengembangkan tiroiditis Hashimoto.

Ada berbagai faktor lainnya seperti umur dan jenis kelamin yang mampu memperbesar risiko. Penyakit ini biasanya mempengaruhi lebih banyak wanita paruh baya dibandingkan pria.

Gejala Utama Penyakit Hashimoto

Beberapa tanda dan gejala yang paling umum dari penyakit Hashimoto adalah :

  • Detak jantung lambat
  • Kehilangan ingatan
  • Kabut otak
  • Nyeri otot
  • Nyeri sendi
  • Tidak tahan terhadap dingin
  • Penambahan berat badan
  • Lelah
  • Lesu
  • Pergerakan usus yang tidak baik
  • Kemandulan
  • Siklus datang bulan tidak teratur
  • Keguguran
  • Kelainan suasana hati seperti depresi
  • Meningkatnya kadar kolesterol darah

Kerusakan pada kelenjar tiroid sangat sulit terlihat dan membutuhkan waktu lama hingga masalahnya diketahui. Umumnya, ketika didiagnosa kelenjar tiroid sudah sangat rusak dan menghasilkan hormon yang sedikit. Sehingga, gejalanya lebih terlihat.

Sementara itu, hipotiroid adalah salah satu akibat dari penyakit Hashimoto. Tetapi bila didiagnosis menderita hipotiroid, belum berarti Anda pasti akan mengalami produksi tiroid yang kurang.

Pengobatan Penyakit Hashimoto

Pengobatan tiroiditis Hashimoto akan mencakup terapi hormon pengganti hormon tiroid. Pasien mungkin disarankan menggunakan hormon tiroid sintetis seperti levothyroxine. Hormon sintetis ini mirip dengan hormon tiroid dan membantu mengembalikan tingkat tiroid sehingga mengurangi gejala tiroiditis Hashimoto.

Pengobatan ini dilakukan seumur hidup dengan dosis bervariasi sesuai tingkat TSH setiap 6 sampai 12 bulan. Pasien harus mengurangi asupan kafein, gula, dan berbagai pengawet makanan. Makanan yang dianjurkan untuk penderita tiroiditis Hashimoto termasuk brokoli, kangkung, kol, bayam, lobak, kedelai, kembang kol, sawi, dll.

Pasien harus menghindari makanan kaya yodium seperti rumput laut. Penting untuk memiliki asupan harian protein tanpa lemak seperti ikan, ayam, kacang-kacangan, putih telur, dan daging. Protein dalam makanan akan membantu mengurangi rambut rontok yang merupakan salah satu tanda hipotiroidisme.

Makanan berserat tinggi seperti kacang merah, apel, pir, brokoli, sayuran berdaun hijau, biji-bijian, almond, dan biji rami juga harus dimasukkan dalam diet tiroiditis Hashimoto.

Suplemen vitamin serta suplemen seng akan membantu mengurangi gejala Hashimoto. Jika dibiarkan tidak diobati, tiroiditis Hashimoto (Hashimoto’s thyroiditis) dapat menyebabkan kegagalan otot, bahkan gagal jantung.

Demikian informasi seputar penyakit Hashimoto yang meliputi Gejala Penyebab Dan Pengobatan Penyakit Hashimoto. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua.

Terus kunjungi situs https://tehherbaluntukmencegahradangdindinglambung.wordpress.com untuk mengetahui info lainnya sputar kesehatan.

Gejala Penyebab Dan Pengobatan Penyakit Hashimoto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s